Selasa, 15 Mei 2012

Urgensi Aqidah Dalam Islam


Oleh : Mukhlisuddin, SHI (Penyuluh Agama Islam Kemnterian Agama Kabupaten Pidie Jaya)
Materi ini disampaikan pada "Seleksi Penyuluh Agama Islam Fungsional Teladan 2012 Tingkat Provinsi Aceh" Pada 15 Mei 2012 di Hotel Sultan, Banda Aceh



الحمد لله الذي خلق الخلق ليعبدوه، وأسبغ عليهم نعمه ليشكروه.والصلاة والسلام على نبينا محمد، دعا إلى توحيد الله وصبر على الأذى في سبيل ذلك حتى استقرت عقيدة التّوحيد، واندحر الشرك وأهله.وعلى آله وأصحابه الذين اقتفوا أثره وساروا على نهجه، وجاهدوا في الله حق جهاد.
أما بعد:
Masyital Muslimin Rahimakumullah…
Dalam Islam, suatu amalan yang akan diperhitungkan akhirat kelak adalah amalan yang dikerjakan dengan penuh keyakinan penghambaan diri kepada sang pencipta dan berlandaskan kepada aqidah yang benar. Oleh karena itu Allah akan memberikan pahala amalan kepada mereka yang melakukan amalan dengan berdasarkan keimanan dan aqidah yang benar. Saking pentingnya aqidah dalam Islam, sehingga Aqidah menjadi bukti awal keimanan atau tidaknya seseorang di dalam Agama Islam yang kita cintai ini.

Kata aqidah mungkin sudah begitu sering kita dengar. Tapi, barangkali banyak dari kita yang belum mengetahui makna dan kandungannya. Padahal, aqidah merupakan pondasi penting yang mestinya kita ketahui sebagai seorang muslim. Pada kesempatan kali ini Insya Allah kita akan membahas tentang makna aqidah dan urgensinya sebagai landasan agama Islam yang kita anut dan kita yakini kebenarannya dalam satu tema syarahan “ Urgensi Aqidah Dalam Islam”

Firman Allah Surat An-Nahl Ayat: 36

ôs)s9ur $uZ÷Wyèt/ Îû Èe@à2 7p¨Bé& »wqߧ Âcr& (#rßç6ôã$# ©!$# (#qç7Ï^tGô_$#ur |Nqäó»©Ü9$# ( Nßg÷YÏJsù ô`¨B yyd ª!$# Nßg÷YÏBur ïƨB ôM¤)ym Ïmøn=tã ä's#»n=žÒ9$# 4 (#r玍šsù Îû ÇÚöF{$# (#rãÝàR$$sù y#øx. šc%x. èpt7É)»tã šúüÎ/Éjs3ßJø9$#
Artinya : “Dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut. itu", Maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).” (An-Nahl : 36)
Dalam firman Allah tsb, secara tegas Allah memberikan perintah untuk menyembah Allah dan melarang hambanya untuk menyembah selain Allah. Dari arahan ayar tersebut secara kasat mata dapat kita pahami pentingnya Aqidah yang kokoh untuk tercapainya penyembahan yang sah keapda Allah swt.
Akidah secara bahasa artinya ikatan. Sedangkan secara istilah akidah artinya keyakinan hati dan pembenarannya terhadap sesuatu. Dalam pengertian agama maka pengertian akidah adalah kandungan rukun iman, yaitu:
  1. Beriman dengan Allah
  2. Beriman dengan para malaikat
  3. Beriman dengan kitab-kitab-Nya
  4. Beriman dengan para Rasul-Nya
  5. Beriman dengan hari akhir
  6. Beriman dengan takdir yang baik maupun yang buruk
Sehingga akidah ini juga bisa diartikan dengan keimanan yang mantap tanpa disertai keraguan di dalam hati seseorang (lihat At Tauhid lis Shaffil Awwal Al ‘Aali hal. 9, Mujmal Ushul hal. 5). Sebelum kita membahas tentang aqidah, timbul pertanyaan besar dalam benak kita, sebenarnya apa pentingnya Aqidah dalam Islam ?, untuk itu saya rasa aqidah itu perlu karena :
1.      Untuk mengetahui, siapakah pencipta kita ?
2.      Kenapa kita diciptakan?
3.      Kemana kita akan bergerak setelah kehidupan di Dunia ini?
4.      Akan ada apa setelah kehidupan di Dunia ini ?
Inilah kiranya yang menajdi alasan utama kenapa Aqidah itu perlu dan penting, itu masih sebatas melihat dari sisi filosofis kehidupan manusia, belum lagi kita melihat perintah Agama untuk beraqidah dengan aqidah yang benar., maka sudah jeals bahwa aqidah adalah hal yang sangat urgen dalam agama Islam. Kemudian setelah kita mengetahui mengapa Aqidah itu Urgen, saatnya juga kita perlu mengetahui fungsi dari aqidah itu sendiri, antara lain:
a.       Sebagai pondasi untuk mendirikan bangunan Islam.
b.      Merupakan awal dari akhlak yang mulia. Jika seseorang memiliki aqidahyang kuat pasti akan melaksanakan ibadah dengan tertib, memiliki akhlak yang mulia, dan bermu’amalat dengan baik.
c.       Semua ibadah yang kita laksanakan jika tanpa ada landasan aqidah maka ibadah kita tersebut tidak akan diterima
Dari paparan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa aqidah merupakan pondasi dasar yang harus dibina dalam Islam karena dengan kokhnya ibadah manusia akan tau siapa sebenarnya manusia itu sendiri dan apa hakikat dari kehidupan di Dunia ini …

0 komentar:

Posting Komentar